Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli Terlengkap

Oktober 06, 2017
Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli - Definisi atau definisi kewirausahaan sebetulnya sangat macam - macam jenisnya menurut sejumlah pendapat. Namun makna dari definisi kewirausahaan tersebut tidak jauh berbeda. Kewirausahaan ialah sikap, jiwa, dan keterampilan untuk membuat sesuatu yang baru yang paling bemilai dan berguna untuk dirinya dan orang lain.

Pengertian Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli
Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli


Kewirausahaan adalah sikap mental dan jiwa yang selalu aktif, kreatif, berdaya, bercipta, berkarsa dan bersahaja dalam berjuang  serta dalam rangka menambah pendapatan dalam pekerjaan usahanya atau kiprahnya

Seseorang yang mempunyai jiwa dan sikap wirausaha akan merasa selalu tidak puas dengan apa yang sudah dicapainya.

Dari masa-masa ke waktu, hari ke hari, minggu ke minggu selalu menggali peluang untuk menambah usaha dan kehidupannya. Ia akan selalu berkreasi dan berinovasi tanpa berhenti, sebab dengan berkreasi dan berinovasi semua kesempatan dapat diperolehnya

Wirausaha ialah orang yang terampil memanfaatkan kesempatan dalam mengembangkan usahanya dengan destinasi untuk menambah ekonomi di kehidupannya

Istilah wirausaha dan wiraswasta sering dipakai secara bersamaan, walaupun mempunyai substansi yang agak berbeda.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Keterangan dari Ahli


Dalam menafsirkan kewirausahaan terlebih dahulu mesti memahami makna dari wirausaha dan wirausahawan

Oke, ayo kita kupas satu persatu sejumlah pendapat para berpengalaman mengenai definisi kewirausahaan.

Wirausaha dari sisi etimologi berasal dari kata wira dan usaha

Wira, berarti pejuang, pahlawan, insan unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung

Usaha, berarti tindakan amal, untuk melakukan sesuatu

Sedangkan pengertian Wirausahawan menurut keterangan dari Joseph Schumpeter (1934) ialah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam pasar melewati kombinasi-kombinasi baru

Kombinasi baru tersebut dapat dalam format :

(1) mengenalkan produk baru
(2) mengenalkan metode buatan baru
(3) membuka pasar yang baru (new market)
(4) mendapat  sumber pasokan baru dari bahan atau komponen baru
(5) menjalankan organisasi baru pada sebuah industri

Dari makna wirausaha dan wirausahawan tersebut, maka definisi kewirausahaan dapat ditafsirkan sebagai inilah :

Kewirausahaan ialah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis (Achmad Sanusi, 1994)

Kewirausahaan ialah suatu keterampilan untuk membuat sesuatu yang baru dan bertolak belakang (ability to create the new and different). (Drucker, 1959).

Kewirausahaan ialah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan permasalahan dan mengejar peluang untuk membenarkan di kehidupan. (Zimmerer, 1996).

Kewirausahaan ialah suatu nilai yang dibutuhkan untuk mengawali suatu usaha (star-up phase) dan pertumbuhan usaha (venture growth). (Soeharto Prawiro, 1997).

Kewirausahaan ialah semangat, sikap, perilaku, dan keterampilan seseorang dalam menangani usaha atau pekerjaan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta menerapkan teknik kerja, teknologi dan produk baru dengan menambah efisiensi dalam rangka menyerahkan pelayanan yang lebih baik dan atau mendapat  keuntungan yang lebih besar. (Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995).

Kewirausahaan ialah suatu keterampilan (ability) dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat teknik dan proses dalam menghadapi kendala hidup. (Soeparman Spemahamidjaja, 1977).

Kewirausahaan ialah suatu sifat keberanian, keutamaan dalam keteladanan dalam memungut resiko yang bersumber pada keterampilan sendiri. (S. Wijandi, 1988).

Kewirausahaan didefinisikan sebagai bekerja sendiri (self-employment). (Richard Cantillon, 1973).

Selanjutnya definisi kewirausahaan menurut keterangan dari Norman M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer (1993:5) merupakan:

“An entrepreuneur is one who creates a new business in the face of risk and uncertainty for the perpose of achieving profit and growth by identifying opportunities and asembling the necessary resourses to capitalize on those opportunuties”.

Jadi entrepreneur atau kewirausahaan ialah proses membuat sesuatu yang bertolak belakang dengan mengabdikan semua waktu dan tenaganya disertai dengan menanggung resiko keuangan, kejiwaan, sosial, dan menerima balas jasa dalam format uang dan kepuasan pribadinya.

Di samping itu, definisi kewirausahan ialah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk menggali peluang mengarah ke sukses

Inti dari kewirausahaan ialah kemampuan untuk membuat sesuatu yang baru dan bertolak belakang (create new and different) melaui beranggapan kreatif dan beraksi inovatif untuk membuat peluang dalam menghadapi kendala hidup

Pada hakekatnya kewirausahaan ialah ciri, sifat dan watak seseorang yang memiliki keinginan dalam mewujudkan usulan inovatif kedalam dunia nyata secara kreatif.

Dari sejumlah pernyataan itu dapat diputuskan bahwa definisi kewirausahaan ialah sebuah proses mengkreasikan dengan menambahkan nilai sesuatu yang dijangkau melalui usaha keras dan masa-masa yang tepat dengan memperkirakan dana pendukung, fisik, resiko sosial, dan bakal menerima reward berupa finansial dan kepuasan serta kemandirian personal (Pengertian Kewirausahaan menurut Ahli)

Itulah sejumlah pengertian kewirausahaan menurut ahli, semoga bermanfaat artikel ini bermanfaat

Jangan lupa share artikel pengertian kewirausahaan ini ke teman - teman kamu

Terimakasih sudah berkunjung