--> Bahaya! 5 Jenis Virus Di Android
Home Hiburan

5 Jenis Virus Di Android - Walaupun android adalah teknologi yang cukup canggih tapi tidak memungkinkan akan terserang berbagai macam virus. Semakin berkembangnya system android, semakin berkembang pula virus yang akan menyerang system android kita.

Perlu kamu ketahui di dunia ini tidak ada system yang 100% aman. semua system pasti ada celah untuk jalan masuknya sebuah program jahat yang sering kita sebut virus. Fungsi Virus bermacam-macam, Merusak program, mangambil data-data penting, mengambil alih kontrol suatu program dan lain-lain.

Bahaya! 5 Jenis Virus Di Android



Disini saya akan memberikan 5 contoh jenis virus yang sering merusak system smartphone android.

Beberapa Contoh Virus ini termasuk kedalam tipe Trojan. Ketika antivirus Sophos mendeteksi sebuah aplikasi terkena malware ini, berarti aplikasi tersebut telah di-crack menggunakan tool cracker yang tersedia secara umum. Malware jenis ini tidak terlalu berbahaya. Oke kita langsung saja mulai dari yang pertama.

1. Virus Android/PJApps-C


Virus in tergolong masuk dalam jenis kategori virus Trojan. Kebanyakan Virus ini terdeteksi kedalam sebuah bentuk file software atau aplikasi full yang didalamnya terdapat file Crack. Cukup sulit untuk membedakan mana yang hanya file crack dan mana yang benar-benar virus Trojan. Akan tetapi malware jenis ini tidak terlalu berbahaya.

2. Virus Android/BBridge-A


Malware ini masih termasuk dalam kategori virus trojan, biasa di kenal dengan sebutan BaseBridge. Virus ini cukup licik, dia menggunakan previlege escalation supaya dia dapat masuk kedalam system android kita dan kemudian dia dapat bebas mengisntal aplikasi kedalam perangkat android kita. Jadi ketika kita terhubung ke dalam internet secara otomatis virus tersebut akan aktif dan mulai mendownload dan mengistal aplikasi yang berbahaya ke dalam perangkat android kita. Malware ini juga menggunakan protkol HTTP untuk menghubungkan antara pusat server dengan android yang menjad korban lalu kemudian dia bisa mengirimkan informasi berharga ke dalam server pusat.

3. Virus Android/BatteryD-A


Malware atau virus ini juga masih masuk dalam kategori virus trojan. Malware ini berbentuk dalam aplikasi "Battery Doctor". Biasanya malware ini akan memberitahukan bahwa aplikasi ini akan membuat menghemat pengunaan barterai android yang akan diserangnya. sebenarnya fungsi aplikasi ini dalah mengirimkan informasi ke pusat server menggunakan HTTP. Biasanya malware ini membuat perangkat android menampilkan banyak iklan di layar.

4. Virus Android/Generic-S


Malware ini masuk kedalam kategori jenis virus Malicious Behavior. Bahaya Malware ini memiliki kemampuan untuk secara otomatis mengirimkan sms premium tanpa pemberitahuan pemilik smartphone android yang di serangnya

5. Virus Android/DrSheep-A


Malware ini cukup berbahaya dan masuk dalam kategori jenis Trojan. Dia dapat melakukan pembajakan berbagai macam akun sosial media seperti Linkedin, Twitter, dan Facebook yang terdapat di perangkat android kita


Itulah 5 jenis virus android yang dapat menyerang perangkat smartphone android kita. Tetaplah waspada terhadap file ataupun aplikasi yang terlihat mencurigakan. selalu gunakan anti virus yang ampuh agar kita terhindar dari serangan virus atau malware tersebut. Dan janganlah kita asal mendownload atau memasang aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, supaya kita tidak menjadi korban

Sekian dulu artikel dari saya, semoga artikel ini bermanfaat, jika kamu suka dengan artikel ini silahkan share ke teman-teman kamu supaya mereka terhindar dari virus atau malware yang berbahaya tersebut, Terimakasih sudah Mampir.

Baca juga :

Tidak ada komentar

to Top